Selalu Ingat Coto Makassar

MENITI karir jauh di luar kampung halaman, menjadi kisah tersendiri dalam perjalanan hidup Ilyana Ridwan, Head of Treasury and Finance di Penerbit Republika. Selama 20 tahun menjalani karir di Jakarta, berbagai cerita indah terukir dalam perjalanan wanita kelahiran Kendari, Sulawesi Tenggara, 17 Juli 1971 lalu. Salah satunya saat merayakan momen-momen Idul Fitri.

Berikut petikan wawancara Supershop Magazine dengan alumni STIE Perbanas ini.

Apa yang menjadi tantangan terberat Anda selama menjalankan ibadah puasa?

Selama menjalankan puasa, mungkin kalau menahan makan dan minum sudah biasa. Tetapi bagi saya, justru menahan emosi itulah yang menjadi tantangan terberat. Apalagi dengan job desk di bagian keuangan, yang dituntut harus lebih akurat dan sabar.

Sebagai perantau, apa sih pengalaman berkesan selama menjalankan puasa dan Lebaran jauh dari kampung halaman?

Sebenarnya, sama aja berlebaran di mana saja. Tetapi untuk saya pribadi yang sudah 20 tahun berlebaran di Jakarta, susahnya kalau menjelang Lebaran, dua minggu sebelumnya sudah harus memesan makanan khas Makassar, yaitu Coto Makassar.

Mungkin yang membedakan Lebaran di daerah dengan di Jakarta, adalah saat hari pertama suasana kota sepi karena kebanyakan warga memilih berlebaran di luar kota, atau mengunjungi tempat-tempat wisata.

Bagi saya, semuanya berkesan, apalagi di setiap Lebaran dirayakan bersama dengan orang-orang tersayang.

Ada perasaan homesick?

Awal-awal di Jakarta, memang iya. Tetapi sejalan dengan waktu, semuanya menjadi biasa. Cuma itu tadi, sering kangen sama makanannya.

Lantas konsep berbusana saat Lebaran atau silahturahmi pasca Lebaran?

Konsepnya sih lebih yang sederhana, sopan dan nggak ribet. Biasanya warnanya soft untuk atasan baju Muslim panjang dipadukan dengan celana panjang. Tambahan accessories biasanya dengan selendang.

Untuk pasca Lebaran, tergantung tempat dan waktunya. Kalau silahturahmi di malam hari, baju Muslim-nya tetap panjang, tapi warna agak terang dengan celana panjang dan selendang. Atau biasa juga jilbab yang bervariasi tapi senada.

Biasanya inspirasi konsep berbusana dari mana?

Inspirasinya muncul sendiri. Karena kebetulan aku hobby jalan-jalan ke Mall, jadi biasanya inspirasi konsep busana muncul dengan sendirinya. Yang pastinya sih, setiap tahun memang harus ganti model dan warna.

Nah, tiga hidangan yang menjadi menu favorit saat Lebaran?

Kalau soal hidangan favorit saat Lebaran, sudah pasti setiap Lebaran harus ada Coto Makassar lengkap dengan ketupat dan buras, rendang dan opor ayam. [Sapriadi Pallawalino/Foto: Koleksi Pribadi]

Curriculum Vitae

Nama : Ilyana Ridwan

Tempat, tanggal lahir : Kendari, 17 Juli 1971

Pekerjaan : Head of Treasury and Finance Penerbit Republika

Ayah : H. Ridwan Hasanuddin, SH (alm.)

Ibu : Andi Reny Tenriawaru

Alamat : Jln. Pejaten Raya No. 4, Jatipadang Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar