Catering Melati: Terima Order Sampai Luar Sulsel

BERAWAL dari hobi memasak, H. Lukman AR. Gassing merintis bisnis catering sejak tahun 1992. Dengan menu masakan yang bervariasi, mulai dari masakan lokal, nasional dan internasional, perlahan nama Catering Melati yang dikelolanya mulai berkibar. Tak hanya di Makassar, beberapa even dan hajatan yang digelar di kabupaten/kota di Sulsel pun tertarik menggunakan jasanya. Bahkan, sampai ke luar Sulsel.
“Untuk dalam kota, biasanya kami menerima orderan berupa even hajatan, pernikahan, ulang tahun dan wisuda. Sementara untuk luar kota dan daerah, umumnya even-even pelantikan dan acara-acara pemerintahan,” tutur H. Lukman kepada Supershop Magazine, saat ditemui di kantornya di bilangan Jln. Sungai Saddang IV, Rabu 11 Agustus 2010 lalu.
Berbagai menu yang ditawarkan antara lain makanan khas Makassar seperti Coto Makassar, pallubasa, konro dan ikan bakar, masakan-masakan nasional seperti mie goreng Jakarta, ayam cabik mente, udang asam manis, serta aneka masakan internasional, termasuk aneka salad dan steak.
Meski tak memungkiri persaingan di bidang usaha catering yang semakin pesat, ia tetap optimis mampu bertahan dan mengembangkan Catering Melati.
“Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa menjaga dan mempertahankan citarasa masakan serta memberikan pelayanan yang terbaik. Tidak mengurangi racikan bumbu walau terdapat selisih harga dan kita memang mempunyai racikan masakan yang tidak dimiliki tempat lain,” ungkap H. Lukman, yang masih kerap turun langsung meracik masakan bersama asistennya.
Selain itu, dengan supplier bahan masakan dan daging yang tetap, pria yang pernah berguru hingga luar negeri, seperti Thailand dan Singapura ini berani menjamin kualitas masakannya terjaga.
Sediakan Paket Ramadhan dan Lebaran
Sepanjang bulan Ramadhan, ia pun menyediakan paket Ramadhan bagi pelanggannya, dengan menu dan harga bervariasi. Di samping itu, untuk Lebaran, ia juga telah menyiapkan menu spesial.
“Untuk paket Ramadhan, kami tawarkan mulai dari Rp25.000 sampai Rp33.000 per orang, dan paket umum mulai dari Rp22.000 sampai Rp30.000 per orang, dengan minimal pesanan 50 orang. Selain itu, juga tersedia air kemasan Catering Melati bagi pelanggan,” imbuh H. Lukman. [Sapriadi Pallawalino/Foto: Ayatullah R. Hiba]
Racik Makanan di Tempat
MELAYANI pelanggan di luar kota, termasuk di luar Sulsel bukan menjadi masalah bagi Catering Melati. Menurut H. Lukman, untuk menjaga agar masakan tetap segar saat dihidangkan, maka ia memilih meracik makanan langsung di lokasi. Salah satunya, ketika Catering Melati menerima orderan di Nunukan, Kalimantan Timur.
“Kami membawa bahan yang diperlukan dengan mobil dan kapal, yang selanjutnya diolah di lokasi. Tentu saja dengan harga yang berbeda. Selain itu, untuk luar kota dan daerah, 2 atau 3 minggu sebelum acara sudah diorder,” kata H. Lukman.
Rencananya, dalam waktu dekat ini ia juga membuka cabang Catering Melati di Bone, untuk meng-cover wilayah Bone, Soppeng dan Wajo. [adi]
Buka RM Phinisi Nusantara di Surabaya
DI samping mengelola Catering Melati, H. Lukman juga membuka usaha rumah makan di Surabaya, dengan R.M. Phinisi Nusantara, yang terletak di daerah Jln. Mayjen Sungkono.
“Untuk rumah makan, kami khusus menyajikan masakan-masakan khas Makassar, seperti coto, pallubasa, konro dan ikan bakar. Sebab, Surabaya merupakan salah satu kota yang memiliki banyak warga perantau dari Sulsel,” katanya. [adi]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar