Firdha Kussler: Ajarkan Makna Puasa ke Anak Sejak Dini

MENJALANI ibadah puasa, bagi aktor cilik Nakula dan Sadewa, memberikan pengalaman tersendiri. Si kembar berusia 10 tahun yang merupakan putra dari artis top di era 1980-an, Firdha Kussler, mengaku sangat menikmati hari-harinya dalam menjalankan ibadah puasa.

“Alhamdulillah, sejak usia 6 tahun mereka sudah bisa melaksanakan puasa seharian penuh, meski belum full sebulan. Sejak dini, saya memang sudah mengajarkan ke mereka makna dan manfaat puasa. Tentu saja dengan pendekatan-pendekatan yang dapat mereka terima,” ujar Firdha Kussler, saat mendampingi Nakula dan Sadewa bermain di beberapa wahana di Trans Studio, pertengahan Agustus 2010 lalu.

“Misalnya, aku selalu ingatkan mereka kalau puasa itu merupakan pahala buat tiket ke surga. Atau mengambil perumpamaan ke mereka, kalau mau sesuatu maka harus membersihkan hati dulu. Selain itu, dengan puasa juga bisa merasakan penderitaan orang lain,” imbuhnya.

Untuk Ramadhan kali ini, Firdha juga sengaja tidak menerima tawaran sinetron untuk Nakula dan Sadewa, agar keduanya bisa lebih fokus dalam menjalani ibadah puasa dan amalan di bulan Ramadhan lainnya.

Sementara bagi Nakula, bukan menahan lapar dan hausnya yang menjadi kendala terberat, melainkan menahan marah. “Susah banget, apalagi pas kalau syuting,” kata Nakula.

Lucunya, keduanya juga punya pengalaman menarik saat menjalankan puasa. “Pas sore-sore dengar suara bedug dan adzan, langsung deh buka puasa. Ternyata, suara tayangan iklan yang ada di TV,” kisah Sadewa, sembari cengingisan. [Sapriadi Pallawalino/Foto: Ayatullah R. Hiba]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar