Rumah Makan Pallu Kaloa; Sajikan Menu Lokal Khas Bugis – Makassar

BERKUNJUNG ke Makassar, rasanya belum lengkap kalau belum mencicipi aneka kulinernya dengan cita rasa khas dan nikmat. Dan, tak terlalu sulit mencari rumah makan yang menyajikan menu-menu lokal. Sebab, hampir di tiap sudut kota, berbagai rumah makan dengan aneka masakan lokal setiap saat siap melayani pengunjung.

Salah satunya, Rumah Makan Pallu Kaloa, yang terletak di bilangan Jln. Tentara Pelajar. Setiap hari, utamanya jam-jam istirahat, rumah makan ini penuh sesak dengan pengunjung. Belakangan, Rumah Makan Pallu Kaloa ini kemudian membuka cabang di Jln. Toddopuli.

“Awalnya, saya bersama-sama saudara mengelola Rumah Makan Pallu Kaloa di Jln. Tentara Pelajar. Tetapi, saya kemudian memutuskan untuk membuka cabang di Jln. Toddopuli,” ungkap Hj. Sutiati Wasih, pemilik rumah makan Pallu Kaloa cabang Toddopuli, Rabu 19 Mei 2010 lalu.

Menurut Hj. Sutiati, rumah makan Pallu Kaloa pertama kali dirintis sang ayah, H. Wasih, sejak tahun 1950-an. Saat itu, kata dia, ayahnya memulai menjual Pallu Kaloa dengan gerobak di sekitar Jln. Bacan. Nanti pada tahun 1960-an, H. Wasih membuka warung di sekitar Pasar Sentral (Makassar Mall).

“Baru pada tahun 1990-an, kemudian membeli rumah sendiri di Jln. Tentara Pelajar, yang sekaligus dijadikan rumah makan,” tutur Hj. Sutiatih.

Selain menyajikan masakan Pallu Kaloa, yakni masakan ikan rebus dengan aneka bumbu khas Makassar, rumah makan ini juga menyajikan masakan Pallu Mara bandeng, ikan goreng tuna, ikan goreng bandeng, paria kambu, acar mangga dan masakan telur ikan (lawi-lawi), dengan harga mulai Rp10 ribu sampai Rp18 ribu.

“Semua masakan saya racik sendiri sesuai dengan resep warisan orang tua,” tandas Hj. Sutiatih. [Sapriadi Pallawalino]

Pallu Kaloa

Pallu Kaloa, merupakan masakan ikan rebus dengan aneka bumbu khas Makasar, biasanya ikan karapu, lamuru dan ikan tuna. Disebut Pallu Kaloa karena salah satu bumbu masaknya dari biji kaloa (bahasa Jawa: kluwek) dengan campuran asam, sehingga kuahnya berwarna coklat kehitam-hitaman.

Paria Kambu

Paria kambu, merupakan makanan yang terbuat dari buah pare (paria) yang direbus dengan santan. Sebelum direbus, biji pare dibuang lebih dulu. Dalam pare lalu diisi daging yang dicincang hingga halus, telur, parutan kelapa. Ketiga isi ini lalu diaduk menjadi satu sebelum direbus dengan air bersantan.

Pallumara

Pallumara, merupakan ikan bandeng yang dimasak dengan kuah asam pedas yang merupakan campuran bumbu dapur yang dimasak bersama bumbu lainnya, seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan cabe merah. Aroma kuahnya sangat wangi dengan rasa kecut yang sangat menyengat. Meskipun begitu kuahnya terasa segar.

1 komentar: