Spa, Oase Sempurna bagi Gaya Hidup yang Sibuk

BAGI pribadi dengan gaya hidup sibuk, spa sudah menjadi salah satu kebutuhan untuk melepaskan kelelahan dan kepenatan, menenangkan pikiran, menyeimbangkan raga dan sukma serta mengembalikan kecantikan sejati.

Menurut Ida Sanusi, Operation Manager Martha Tilaar Salon Day Spa, bahwa spa sekarang ini tak sebatas berendam di dalam air panas yang mengandung mineral. “Tempat-tempat spa sekarang minimal menawarkan tiga layanan bagi pengunjung, yakni hydrotherapy, aromatherapy, dan touch terapy atau pijatan,” jelas Ida, kepada Supershop Magazine, Senin 5 April lalu.

Hydrotherapy

Untuk hydroteraphy, kata dia, adalah berbagai cara penggunaan air untuk membersihkan badan untuk kebugaran serta untuk memperbaiki dan mempertahankan kesehatan. Air berkemampuan mempengaruhi aliran darah dalam tubuh dengan cara merubah suhunya.

“Penggunaan air dingin memberi efek stimulan yang menyebabkan pembuluh darah berkontraksi sehingga aliran darah berkurang dan reaksi biokimia yang menyebabkan terjadinya peradangan terhambat, sedangkan aliran darah ke organ-organ dalam bertambah sehingga fungsinya menjadi lebih baik,” tutur Ida.

Sebaliknya, penggunaan air panas berefek merilekskan yang menyebabkan pelebaran pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah ke kulit dan otot serta mengurangi kekakuan otot. Dengan adanya perbaikan sirkulasi ini, maka akan meningkatkan kekebalan tubuh, oksigen dan nutrisi ke jaringan serta memperbaiki jaringan yang rusak.

Penggunaan air panas dan dingin secara bergantian juga dapat merangsang sistem hormon, mengurangi penumpukan asam laktat yang menimbulkan kejang otot dan menghilangkan peradangan. Terapung pada air hangat juga berkhasiat untuk menenangkan mental.

Aromatherapy

Aromatherapy merupakan perawatan kecantikan dan penyembuhan penyakit dengan menggunakan bahan-bahan alami berupa sari pati tumbuhan (essential oil) yang diekstrasi dari tumbuhan aromatik yang berbau wangi.

Aromatherapy bertujuan menyembuhkan berbagai kelainan di dalam tubuh dan jiwa, mengurangi stres, meningkatkan energi dan memberi relaksasi. Penggunaan essential oil pada aromatherapy bisa dilakukan melalui penciuman, maupun diteteskan pada tisu, sapu tangan atau bantal,” imbuh Ida.

Selain itu, bisa juga dilakukan melalui penyerapan kulit dalam bentuk pijatan, lotion, kompres panas atau dingin, mandi berendam maupun cologne. Dalam bentuk minuman berupa teh herbal. “Yang paling efektif adalah melalui message, sebab kulit merupakan organ terbesar yang menutupi permukaan tubuh dan essential oil mampu menembus lapisan kulit yang paling dalam di mana terdapat pembuluh darah dan getah bening yang selanjutnya beredar ke seluruh tubuh,” ujar Ida.

Selama message, molekul-molekul essential oil yang tercium akan merangsang reseptor pada atap organ hidung, kemudian menuju limbic system di otak sehingga menimbulkan berbagai efek seperti perasaan tenang, gembira, meredakan rasa sakit serta meningkatkan gairah fisik dan seksual.

Touch Therapy

Touch therapy bertujuan untuk meningkatkan kesehatan secara umum, meningkatkan rasa percaya diri, sirkulasi dan sistem kekebalan tubuh sehingga bermanfaat pada tekanan darah, kekencangan otot, sistem pencernaan dan warna kulit.

Penelitian scientifik membuktikan bahwa dengan sentuhan akan menimbulkan respon fisiologis tubuh berupa perubahan pada konsentrasi hormon, mempengaruhi sistem syaraf pusat dan tepi serta pengaturan pada irama fungsi tubuh.

“Penerapan touch therapy ini dilakukan pada hampir seluruh treatment yang ada mulai dari creambath, facial, message badan maupun kaki. Dan ini sebagian besar dilakukan tanpa alat, sebab terapi ini dilakukan melalui tenaga therapist terlatih dengan menggunakan teknik message tertentu,” tandas Ida.

Tentang Spa

Spa pada mulanya merupakan kependekan dari Solus per Aqua, artinya penyembuhan melalui air. Menurut Dr. Martha Tilaar, spa dari singkatan kata Shui Pani Amarta (yang diambil dari kata Shui (China) artinya air, Pani (India) artinya air dan Amarta (Indonesia – Jawa Kuno) artinya kehidupan. Sehingga Shui Pani Amarta berarti air kehidupan. Sebab, komponen utama tubuh adalah air dan tanpa air kita tidak dapat hidup. Banyak di antara kita menggunakan air untuk melepaskan kelelahan, menyegarkan tubuh serta pikiran dan sebagainya. Oleh karena itu, spa juga berarti penyembuhan melalui air. [Sapriadi Pallawalino]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar